Friday, March 11, 2016

Air terjun Baburai – Padang Pariaman

Memanfaatkan waktu libur  akan terasa nyaman dan asyik apa bila bertamasya ke objek wisata alam yg indah dan alami.
Adalah Air Terjun Baburai, sebuah objek wisata alam yang terdapat di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kp Dalam, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar. Lokasi Air Terjun Baburai memiliki pesona alam nya nan indah dan masih alami.
Untuk mencapai lokasi air terjun baburai ini kita hanya menempuh perjalanan sekitar 78 km dari kota padang atau 20 km dari kota pariaman. Selama perjalanan Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam dengan sawah dan pegunungan yg menghijau serta jalan yg penuh lika liku.
Daralih (55) salah seorang warga pedagang di sekitar air terjun baburai menceritakan bahwa setiap hari selalu ada pengunjung yg datang. Tentunya yang ramai adalah pada hari sabtu dan minggu dan serta hari libur lain nya. Pengunjung yang datang sangat beragam ada yang membawa keluarga, mahasiswa, bahkan anak sekolah.
Wali Nagari Sikucur, Masril mengatakan bahwa air terjun baburai ini sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak awal tahun 2013 yg lalu.
Bersamaan dengan itu pembenahan fasilitas di lokasi objek wisata ini sudah mulai dilakukan. Pembangunannya sendiri didanai dari PNPM Mandiri dan APBD Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.
Menurut Masril untuk menunjang menuju kawasan air terjun baburai ini telah dibangun berupa tangga untuk memudahkan pengunjung yg datang untuk menyaksikan gemercik air terjun tersebu.
Selain Air Terjun di area kawasan air terjun tersebut juga terdapat sebuah PLTA mini yg listrik nya untuk menerangi masyarakat sekitar, serta sebuah bendungan PDAM air bersih yg nanti nya juga bermanfaat untuk masyarakat.
Harapan masyarakat dan pengunjung kata Masril adalah perbaikan sarana jalan menuju lokasi air terjun baburai ini, dia berharap Dinas PU Kabupaten Padang Pariaman dapat segera melakukan pengaspalan jalan masuk menuju Air Terjun Baburai.


Selain Air Terjun Baburai, di Nagari Sikucur sendiri terdapat beberapa objek wisata Air Terjun yang dapat dikembangkan antara lain, air terjun langkuik, air terjun bukit bio-bio, dan air terjun marunggai. Semuanya memiliki keasrian dan keindahan tersendiri. 

No comments:

Post a Comment