Monday, March 14, 2016

Air Terjun Sarasah Tanggo

Air Terjun Sarasah Tanggo terletak di Kanagarian Sarilamak Jorong Taratak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, Propinsi Sumatera Barat.

Air Terjun Sarasah Tanggo

Air Terjun Sarasah Tanggo mempunyai ketinggian lebih dari 100 m. Airnya tidak sempat kering, walapun di periode kemarau, meluncur jatuh lewat dinding batu yg berbentuk tanggo (tangga) diselingi sesekali siulan satwa-satwa mungil disekitarnya.
Air terjun ini berada di lereng Gunung Bungsu, persis di belakang komplek Perkantoran Kab Lima Pulu Koto. Dini serta terdapat danau buatan tidak jauh dari ruangan air terjun.
Suasana alamnya masuh alami yg disekelilingnya terdapat hutan konservasi & bermacam macam type satwa. Nama Tanggo dalam bahasa minangkabau yg berarti jenjang sebagai penghubung & kebanyakan dipergunakan dari basic tanah buat naik keatas, namun lebih ternama dgn sebutan janjang yg dipergunakan buat mengangkat padi atau menurunkan dari atas lumbung. Disini serta tidak jarang diadakan program selamatan sehabis gotong royong yg gunanya yaitu buat menghilangkan riak-riak mungil yg berlangsung dimasyarakat. Dalam program ini seekor kerbau disembelih & dinikmati dengan.
Berjarak 9 kilometer dari Payakumbuh atau 3 kilo meter dari simpang Sarilamak. Utk hingga ke area ini kita mesti terjadi kaki 300 m.

Tips

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Sarasah Tanggo, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.

2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.

3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.

4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Sarasah Tanggo sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

No comments:

Post a Comment