Wednesday, March 9, 2016

Berburu Pelangi ke Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi yang berada di Desa Tanjung Timur, Deliserdang, Sumatera Utara, mendapat namanya dari hadirnya pelangi yang menambah keindahan air terjun itu.
Matahari terbit tepat di depan pantulan air terjun yang menyapu tebing tinggi sekitar 15 meter. Warna merah berpadu kuning, akan terlihat jelas dari deru air yang deras. Namun, keindahan itu sulit sekali ditemukan wisatawan yang datang kebanyakan pagi telah terang atau bahkan kesiangan.
"Kalau datangnya sebelum pukul 7, pasti puas lihat warna pantulan sunset seperti pelangi. Kalau mau datang lagi pagi-pagi," kata Susinah, penjaga Air Terjun yang juga berjualan di depan pintu masuk.
Ia menuturkan yang membuat air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya adalah tepat berada di timur, menghadap matahari terbit.
"Arus airnya juga berubah-ubah, kalau sedang deras, ia seperti tirai karena turun mengaliri sepanjang tebing. Tapi kalau tidak deras airnya hanya turun di tebing utama, yang juga tentu tidak menghilangkan keasyikan mandi di sini," katanya.
Menurutnya, wisatawan juga dimudahkan dengan akses yang sudah dibuatkan anak tangga dari semen untuk turun ke bawah.


"Tidak sulit untuk mencapai air terjun, ada tangga datar dan tangga turunan yang tidak curam, anak-anak pun bisa di bawa ke sini," tambahnya.
Keindahan Air Terjun Pelangi memang berbeda, selain keindahan pantulan sunset, tebing yang tinggi berbentuk batu batu kapal juga tak kalah menarik perhatian.
Kemudian tebing yang bertingkat juga membuat turun air terjun memiliki beberapa tingkat.
Untuk mengejar pemandangan sunset di pantulan air terjun, sangat sulit bagi wisatawan yang dari Medan apalagi luar kota.
Pasalnya, dari kota Medan untuk mencapai lokasi ini bisa menghabiskan waktu 3 jam. Sedangkan untuk penginapan belum ada, sehingga wisatawan tidak bisa bermalam untuk menunggu pagi.
Wisata pemandian Air Terjun Pelangi juga dekat dari Danau Linting.
Jika wisatasan datang dari kawasan kota Medan, dari Danau Linting, anda tinggal lurus saja mengikuti jalan utama, terus saja sampai anda menemukan simpang 3, pada persimpangan tersebut silahkan belok kanan, lurus kembali sampai menemui simpang dua, lalu belok kanan kembali.
Air Terjun Pelangi ini diresmikan oleh dinas pariwisata Deli Serdang pada bulan oktober 2012. Akses menuju ke sana sudah bagus, alias jalan sudah beraspal kecuali di simpang pintu masuk, karena air terjun berada di sekitar kebun penduduk.
Untuk masuk ke sana juga tidak dipungut biaya, alias gratis. Wisatawan hanya membayar biaya parkir Rp5 ribu.
Di sana juga ada pedagang makanan ringan seperti popmi dan aneka jajanan ringan. Ada juga pondok-pondok kecil untuk keluarga makan bekal atau sekadar istirahat.
Tapi jangan berharap pada fasilitas kamar mandi yang terbatas di sana, kamar mandi di sana sudah rusak dan tidak bisa digunakan, sehingga dipenuhi sampah dan bau.

No comments:

Post a Comment